Respons Kekebalan Tubuh Terhadap Antigen

Respons Kekebalan Tubuh Terhadap AntigenSKUL ID - Respons kekebalan tubuh terhadap antigen dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kekebalan humoral dan kekebalan seluler.

Kekebalan Humoral (antibody-mediated immunity)

Kekebalan humoral melibatkan aktivitas sel-B dan antibodi yang beredar dalam cairan darah dan limfe. Ketika suatu antigen masuk ke  tubuh untuk pertama kalinya, sel B pembelah akan membentuk sell B plasma dan sel B pengingat. Sel B plasma akan menghasilkan antibodi yang berfungsi mengikat antigen. Dengan demikian, makrofag akan lebih mudah menangkap dan menghancurkan patogen. Setelah infeksi berakhir, sel B plasma akan mati, sedangkan sel B pengingat akan tetap hidup dalam waktu lama. Sedangkan respons terhadap patogen ini disebut respons kekebalan primer.

Apabila antigen yang sama masuk kembali ke tubuh, sel B pengingat akan mengenalinya dan menstimulasi pembentukan sel B plasma. Sel B plasma berfungsi memproduksi antibodi. Respons tersebut disebut respons kekebalan sekunder. Respons kekebalan sekunder terjadi lebih cepat dan konsentrasi antibodi yang dihasilkan lebih besar dibandingkan pada respons kekebalan primer. Hal ini dikarenakan adanya imunologi, yaitu kemampuan sistem imun untuk mengenali antigen yang pernah masuk ke tubuh.

Kekebalan Selular (cell-mediated immunity)

Kekebalan seluler meibatkan sel T yang bertugas menyerang sel-sel asing atau jaringan tubuh yang terinfeksi secara langsung. Ketika sel T pembunuh kontak dengan antigen pada permukaan sel asing, sel T pembunuh akan menyerang dan menghancurkannya dengan cara merusak membran sel asing. Apabila infeksi telah berhasil ditangani, sel T supresor akan menghentikan respons kekebalan dengan cara menghambat aktivitas sel T pembunuh dan membatasi produksi antibodi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Mekanisme Fagositosis

Pengertian dan Perbedaan BI-RTGS dan SKNBI

Ganggang Hijau (Chlorophyta) - Definisi, Penjelasan, Proses , dan Contoh