Pengertian dan Penjelasan Pembangunan Ekonomi

Pengertian dan Penjelasan Pembangunan Ekonomi

Pengertian dan Penjelasan Pembangunan Ekonomi



Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses perubahan menuju arah perbaikan yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sejalan perkembangan zaman, konsep pembangunan ekonomi mulai dipahami sebagai sebagai suatu usaha untuk meningkatkan atau mempertahankan pendapatan per kapita dengan tetap memperlihatkan pertumbuhan penduduk disertai perubahan mendasar pada struktur perekonomian. Oleh berbagai komponen, pembangunan ekonomi memiliki ruang lingkup luas (multidimensional), terpadu,mencakup berbagai aspek kehidupan bangsa, serta membutuhkan jangka waktu panjang. Berdasarkan pengertian pembangunan ekonomi, terdapat tiga elemen penting berikut.

1.    Pembangunan ekonomi sebagai suatu proses
Artinya pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani oleh setiap warga masyarakat atau negara. Setiap negara harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahera.
2.    Pembangunan sebagai usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita
Pembangunan sebagai suatu usaha merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat, pemerintah, dan semua elemen suatu negara sangat diperlukan dalam proses pembangunan. Usaha tersebut perlu dilakukan karena kenaikan pendapatan per kapita mencerminkan perbaikan kesejahteraan masyarakat.
3.    Peningkatan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka panjang
Suatu perekonomian suatu negara dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan per kapita penduduk cenderung meningkat dalam jangka panjang. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan per kapita harus mengalami kenaikan terus menerus, misalnya suatu negara mengalami musibah bencana alam atau kekacauan politik yang mengakibatkan menurunnya perekonomian negara tsb. Dengan adanya peningkatan kegiatan ekonomi yata-rata dari tahun ke tahun, pendapatan per kapita negara tersebut tetap naik meskipun muncul gangguan yang bersifat sementara.

Cakupan pembangunan ekonomi mencakup berbagai aspek kehidupan bernegara sehingga tidak hanya mengutamakan tujuan yang bersifat kuantitatif, tetapi menekan ken pada perubahan yang bersifat mendasar dalam perekonomian suatu negara. Sebagai contoh pada zaman dahulu sebagian besar warga masyarakat memenuhi kebutuhan hidup dengan bercocok tanam menggunakan peralatan dan cara yang masih sederhana. Pada zaman sekarang manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan cara dan lat yang lebih mudah sehingga cara hidup manusia semakin efektif dan efisien. Perubahan cara hidup tersebut menunjukkan adanya proses pembangunan ekonomi karena terjadi modernisasi kegiatan ekonomi disertai dengan peningkatan taraf hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Mekanisme Fagositosis

Pengertian dan Perbedaan BI-RTGS dan SKNBI

Ganggang Hijau (Chlorophyta) - Definisi, Penjelasan, Proses , dan Contoh