Pengertian / Definisi dari Kelangkaan


Apa Itu Kelangkaan?

kelangkaan



Di dalam kehidupan masyarakat yang masih primitif, kebutuhan mereka mungkin hanya sebatas pada kebutuhan makanan, minuman, pakaian dan perumahan. Kebutuhan itu dapat terpenuhi jika jumlah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan itu jauh melebihi jumlah kebutuhan yang ada pada masyarakat yang masih primitif. Bandingkan dengan masyarakat modern sekarang ini! Kebutuhan semakin beragam sementara jumlah sumber daya untuk mencukupi kebutuhan itu makin terbatas.

Dengan penjelasan tentang kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak adanya kebutuhan dari masing-masing manusia yang persis sama, maka dapat kita ketahui bahwa kebutuhan cenderung bertambah, sedangkan komoditas atau alat pemuas kebutuhan terbatas. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan dan penyebab terjadinya kelangkaan (scarcity). Jadi yang dimaksud dengan kelangkaan (scarcity) adalah kondisi persediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas.

Tahukah kalian apa yang menyebabkan benda pemuas kebutuhan itu langka?
Kelangkaan benda pemuas kebutuhan itu terjadi karena beberapa sebab:
a. Terbatasnya persediaan sumber alam.
b. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
c. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia

untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru. Kelangkaan barang/sumber daya itu dialami setiap orang, setiap bangsa dan oleh setiap negara. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda, pokok masalahnya sama yaitu bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dihadapkan dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Mekanisme Fagositosis

Pengertian dan Perbedaan BI-RTGS dan SKNBI

Ganggang Hijau (Chlorophyta) - Definisi, Penjelasan, Proses , dan Contoh